Gubri Sampaikan Dukungan Anggaran Sektor Pendidikan Kepada Aliansi Mahasiswa Unri



Gubri Sampaikan Dukungan Anggaran Sektor Pendidikan Kepada Aliansi Mahasiswa Unri

Birulangitid-Gubernur Riau Syamsuar paparkan target-target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Riau yang sudah dicapai, kepada para mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Mahasiswa Universitas Riau (Unri).

Dikutip dari mediacenter.riau.go.id Dalam kesempatan itu, Gubri Syamsuar menjelaskan secara rinci terkait target yang sudah dicapai selama dia menjabat. Diantaranya target mengenai capaian ekonomi, sosial, lingkungan termasuk kondisi lapangan kerja dan kemiskinan di Provinsi Riau saat ini.

"Capaian-capaian ini masih akan terus berjalan, tidak hanya di sektor-sektor infrastruktur tapi juga di bidang keagamaan," tuturnya dalam pertengahan itu di Gedung Daerah Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Senin (21/3/2022).

Dalam kesempatan itu, Syamsuar menjelaskan bahwa capaian pertumbuhan ekonomi Riau tahun 2021 tumbuhan sebesar 3,36 persen. Jika dibandingkan dengan tahun 2020, mengalami kontraksi sebesar -1,13 persen. Secara parsial, Riau berkontribusi sebanyak 4,97 persen terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

"Sementara itu, untuk capaian indeks daya saing Provinsi Riau tahun 2021 mencapai 2,989 poin dengan kategori tinggi," sebutnya.

Sementara itu, untuk capaian di sektor pendidikan, dijelaskan Gubri, total bansos pendidikan dan beasiswa tahun 2019-2021 sebanyak Rp186,6 miliar lebih.

Dirincikan angka realitasnya pada tahun 2019 sebanyak Rp30 miliar lebih, lalu tahun 2020 sebanyak Rp66,8 miliar lebih dan tahun 2021 sebanyak Rp88,7 miliar lebih.

"Untuk jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa bidik misi di tahun 2021 lalu juga bertambah yakni sebanyak 1.677 orang, dari 1.286 di tahun 2020 lalu," sambungnya.

Selain itu, salah satu capaian yang menjadi titik fokus penyampaian Gubri dalam pertemuan itu, yakni tentang pembantaian Quran Centre. Gubri menyebut bahwa Quran Centre hadir sebagai realisasi dari aspirasi para ulama.

"Jadi MTQ itu awalnya pusat keagamaan. Tapi setelah kegiatan MTQ tak ada lagi hal-hal yang identik dengan keagamaan. Oleh sebab itu kami hadirkan Quran Centre dan ini nantinya akan menjadi pusat keagamaan di Riau dan Pekanbaru," terangnya.

Selain itu, Gubri juga memaparkan tentang capaian-capaian lainnya, berkaitan dengan infrastruktur, kondisi lapangan pekerjaan, tingkat kemiskinan, dan lain-lain, serta target-target lain yang menjadi fokus pencapaian ke depannya.

Comments

Popular posts from this blog

MENGGESER SAJDAH DENGAN KAKI, EITS TUNGGU DULU

Beberapa Jenis Panah Tradisional

Jenis Jabatan Fungsional Teknis PPPK yang Bisa Peroleh Nilai Tambahan, Cek Aturannya