Unilak Menerima Mahasiswa Baru 2023, Termasuk untuk Disabilitas

Unilak Menerima Mahasiswa Baru 2023, Termasuk untuk Disabilitas

 Birulangitid-Mengawali tahun 2023, Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, mulai menerima mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024. Pendaftaran mahasiswa baru dibagi dalam beberapa gelombang.

Dikutip dari mediacenter.riau.go.id Rektor Unilak Dr Junaidi mengumumkan dimulainya penerimaan mahasiswa baru di Gedung Rektorat lantai tiga yang disaksikan oleh jajaran Wakil Rektor I Dr Zamzami, Wakil Rektor II Hardi SE MM, Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto, dan dekan se lingkungan Unilak.

Dikatakan Dr Junaidi bahwa tahun 2023 ini menjadi tahun kedua Unilak secara menerima mahasiswa baru penyandang disabiltias. Ini didasarakan pada bahwa mereka juga berhak menerima pendidikan tinggi sesuai amanat UU.

"Dengan harapan setelah menerima ilmu, mahasiswa disabilitas bisa mandiri. Bagi masyarakat umum, orang tua, dan calon mahasiswa silahkan pilih jurusan yang diminati, ada 30 Prodi S1 dan S2 di Unilak. Bagi calon mahasiswa disabilitas dapat memilih Prodi Bisnis Digital, Pendidikan Khusus. Sehingga mereka nantinya memiliki kemampun.

Rektor Junaidi berharap para orang tua juga memberikan dukungan selama anak anak mengenyam pendidikan kuliah. Unilak siap mengemban amanah dari para orang tua yang mempercayakan anak-anaknya untuk kuliah di Unilak, sehingga mereka nantinya menjadi generasi yang sukses.

Penerimaan mahasiswa baru Unilak Gelombang pertama dimulai 2 Januari hingga 1 April 2023. Gelombang dua 2 April sampai 1 Juli 2023. Dan Gelombang tiga 2 Juli hingga 19 Agustus 2023.

Sementara itu, Wakil Rektor I Unilak bidang Akademik Dr Zamzami menjelaskan, bahwa di tahun 2023 ini penerimaan mahasiswa baru Unilak lebih awal, sebagai bentuk kesiapan Unilak untuk menyambut calon mahasiswa baru dari segi pelayanan dan infrastruktur teknologi informasi.

Dalam penerimaan mahasiswa baru Unilak, calon mahasiswa dapat mendaftar secara online di www.unilak.ac.id atau  dengan langsung datang ke ruang pendaftaran di gedung Rektorat Unilak lantai 2.

Ada beberapa jalur yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa baru diantaranya jalur 

1. Jalur Umum dengan pilihan ; Pasti Kuliah, Merdeka Belajar, Milad Unilak, Mandiri, Pindahan Ekternal. 

2. Jalur Istimewa dengan pilihan ; Prestasi, SMK, Disabilitas, Hafiz Quran.

3. Jalur Internasional Students

Untuk alur pendaftaran dapat membuka website unilak.ac.id kemudian pilih jalur pendaftaran lanjut untuk input data pribadi, kemudian mendapatkan no verfiikasi dan pilihan bank untuk pembayaran uang pendaftaran sebesar 300.000.

Setelah itu finalisasi data untuk cetak kartu ujian, tes CBT, dan akhirnya lulus kemudian  calon mahasiswa baru dapat melakukan mendaftar ulang.

“ Untuk memberikan layanan maksimal,prima dan cepat kami membuka layanan informasi dan bantuan di nomor whatsapp 0853 4949 4909 dan 0853 4949 4919 ataupun dapat mengirimkan pesan di social media Unilak, Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube. Saya juga mengimbau kepada seluruh, pegawai dan dosen di Unilak untuk dapat memberikan pelayanan ramah, nyaman dan mudah bagi calon mahasiswa baru," ujar Dr Zamzami.

Kepala Biro Akademik Unilak Ahmad Ade Irwanda ST MM, menyebutkan, calon mahasiswa baru Unilak dapat memilih 26 Program studi (Prodi) S1 yang tersebar di 9 Fakultas yang ada di Unilak.

26 Prodi itu adalah Prodi Administrasi Publik, Prodi Ilmu Hukum, Akuntasi, Manajemen,Teknik SIpil, Teknik Elektro, Arsitektur, Desain Interior, Teknik Mekatronika, Agorteknologi, Agribisnis, dan Teknologi Hasil Pertanian.

Kemudian Prodi Sastra Daerah/Melayu, Ilmu Perpustakaan, Sastra Inggris,Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Melayu, Kehutanan, Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan Prodi Bisnis Digital.

Kemudian, ada Prodi Pendidikan Biologi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Khusus, Pendidikan Vokasional Teknik Otomotif. 

“Dan untuk meringankan/membantu orang tua dan calon mahasiswa baru, uang pengembangan dapat diangsur 2 kali. 50 Persen di semester satu, dan 50 persen di Semester dua," ujar Ade.

Dijabarkan Ade adapun untuk persyaratan bagi calon mahasiswa baru yaitu scan. Ijazah dan transkirp nilai SMA/SMK/MA sederajat. scan pas foto latar belakang kuning, scan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga.

 “Khusus bagi calon mahasiswa baru yang akan tamat di tahun 2023 maka dapat mendaftar dengan surat keterangan lulus, dan transkrip nilai," jelasnya. 

Pada penerimaan mahasiswa baru tahu 2023-2024 Unilak juga menerima dari jalur Hafiz Quran, dengan persyaratan calon mahasiswa minimal hafiz 3 juz, siap untuk dites, memiliki sertifikat hafiz quran. Dan mereka yang lulus pada jalur ini akan mendapatkan kemudahan bebas biaya SPP, bebas uang pengembangan, berdasarkan kategori yang telah di tetapkan. 

“Kami beraharap masyarakat dapat turut serta menyebarkan informasi penerimaan mahasiswa baru Unilak ini, supaya semakin banyak anak,saudara kita untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi," tandasnya.