Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Monday, December 25, 2023

Mengenal Global Internship and Professional Program, Baru Ada di 5 PTN! UNRI Masuk G ya?

0 comments


Mengenal Global Internship and Professional Program, Baru Ada di 5 PTN! UNRI Masuk G ya?

Tak hanya program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dan Wirausaha Merdeka (WMK), Kampus Merdeka punya program baru pelatihan kewirausahaan dan magang lho. Program ini bernama Global Internship and Professional Program (IGIPP).

Salah satu perbedaan MSIB-WMK dengan IGIPP adalah program baru ini bermitra dengan kampus internasional. Karena kegiatan baru, IGIPP terutama program Global Internship baru bisa diikuti oleh lima perguruan tinggi negeri di Indonesia, yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), IPB University, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Sekilas Tentang Global Internship and Professional Program (IGIPP)

Professional Program

Global Internship and Professional Program (IGIPP) memiliki dua jenis kegiatan yaitu Professional Program dan Global Internship Program. Kepala Bidang Pengemabngan Program Inetrnasional Kampus Merdeka, Junaidi menjelaskan keduanya merupakan kegiatan yang berbeda.

Professional Program merupakan beasiswa pemerintah Indonesia berupa kegiatan entrepreneurship bootcamp di kampus luar negeri. Melalui program ini, mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman baru kala mempelajari bidang kewirausahaan.

"Tujuannya supaya bisa belajar wirausaha dan belajarnya di luar negeri, experience baru. Kita akan diikutsertakan pada kegiatan-kegiatan bisnis yang kampus mitra adakan," ujar Junaidi dikutip dari rilis di laman resmi Universitas Airlangga (Unair), Jumat (22/12/2023).

Dari program ini, mahasiswa diharapkan bisa memberikan dampak baik terutama dalam membukanya lapangan kerja baru. Hal ini menjadi catatan penting oleh mahasiswa karena untuk mendaftar, peserta harus sudah memiliki ide bisnis.

"Saat sudah di sana kita develop your skill dengan adanya pitching bisnis di akhir program," jelasnya.

Ada berbagai manfaat yang akan diterima mahasiswa selama professional program berlangsung, seperti dana biaya hidup, asuransi kesehatan, dana akomodasi, tiket pesawat pulang dan pergi, visa, hingga emergency fund (dana darurat).

Sedangkan daftar mitra kampus internasional yang sudah dipastikan yaitu The University of Chicago: Asia Sustainable Planet Course; Massachusetts Institute of Technology: The MIT Innovation Leadership Online Bootcamp; dan Cambridge.

Global Internship

Sedangkan Global Internship Program merupakan beasiswa pemerintah Indonesia untuk mahasiswa yang ingin magang di perusahaan dan organisasi internasional. Mahasiswa juga akan mendapat manfaat yang sama seperti professional program.

Melalui dua program baru ini, Junaidi berharap bisa menemukan mahasiswa yang bisa memberikan dampak berharga untuk negara. Ia juga berpesan agar mahasiswa bisa menyiapkan diri dari sekarang meski tidak membocorkan kapan program ini akan dibuka.

"Mulai sekarang di planning mau ikut apa saja supaya bisa terencana dan persiapannya lebih matang," pungkasnya.

Jadi, apakah kamu tertarik dengan program IGIPP? Yuk mulai mempersiapkan diri detikers!


No comments:

Post a Comment