Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Monday, February 26, 2024

Ingat Batas Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNBP Tanggal 27 Februari 2024

0 comments

 

Ingat Batas Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNBP Tanggal 27 Februari 2024

 


Birulangitid-Pendaftaran KIP Kuliah 2024 masih berlangsung hingga 31 Oktober 2024. Untuk bisa daftar dan lolos sebagai penerima baru, siswa harus memperhatikan beberapa syarat penting calon penerima.

Perlu diketahui juga bahwa buat kamu calon penerima KIP Kuliah mendaftar melalui jalur SNBP deadlinenya adalah tanggal 27 Februari 2024. Jangan sampai kelewatan.

Cakupan beasiswa KIP Kuliah 2024 ini terdiri atas biaya pendidikan dan tunjangan bulanan mahasiswa. Besarannya berbeda-beda karena didasarkan pada wilayah dan biaya pendidikan di setiap perguruan tinggi.

Untuk biaya pendidikan, mahasiswa akan menerima bantuan Rp 8 - 12 juta untuk prodi terakreditasi unggul. Sedangkan mahasiswa prodi terakreditasi Baik Sekali atau B maksimal Rp 4 juta dan prodi terakreditasi Baik atau C maksimal Rp 2,4 juta.


Adapun bantuan tunjangan bulanan yang akan diterima mahasiswa dikelompokkan menjadi lima klaster yakni Rp 800 ribu, Rp 950 ribu, Rp1,1 juta, Rp1,25 juta, dan
Rp 1,4 juta.

Tertarik daftar KIP Kuliah 2024 setelah melihat besaran bantuannya? Cek dulu ya syarat dan data penting yang wajib ada saat mendaftar, termasuk tiga nomor ini!

Nomor Wajib pada Pendaftaran KIP Kuliah 2024

Agar bisa membuat akun dan mendaftar KIP Kuliah 2024, siswa harus memasukkan data valid berikut ini di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbudristek:

  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  3. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)

Perlu diperhatikan juga, selain ketiga nomor tersebut, siswa harus mempunyai email aktif untuk dapat menerima nomor pendaftaran dan kode akses ke sistem KIP Kuliah 2024.

Persyaratan Daftar KIP Kuliah 2024

  • Lulusan SMA/SMK/sederajat yang lulus pada tahun berjalan/maksimal 2 tahun sebelumnya.
  • Diterima di PTN/PTS dan prodi terakreditasi.
  • Memiliki potensi akademik dan berprestasi tetapi terkendala masalah finansial dan berasal dari keluarga miskin/rentan miskin dinyatakan lewat bukti-bukti yang valid.
  • Mahasiswa pemegang atau pemilik Kartu Indonesia Pintar (KIP) Pendidikan Menengah.
  • Berasal dari keluarga yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau menerima program bantuan sosial yang ditetapkan oleh kementerian yang menangani urusan pemerintahan di bidang sosial seperti:
  1. - Mahasiswa dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
  2. - Mahasiswa dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH).
  3. - Masuk dalam kelompok masyarakat miskin/rentan miskin maksimal pada desil 3 (tiga) Data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPKE) yang ditetapkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.
  4. - Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan.

Tata Cara Daftar KIP Kuliah 2024

  1. Setelah siswa memastikan validitas dari NIK, NISN, dan NPSN, selanjutnya lakukan pendaftaran KIP Kuliah 2024 dengan cara sebagai berikut:
  2. Buka laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
  3. Saat mendaftar, masukkan NIK, NISN, NPSN, dan email yang aktif
  4. Sistem KIP Kuliah kemudian akan melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN
  5. Jika proses validasi berhasil, sistem akan mengirimkan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email
  6. Setelah menerima nomor pendaftaran dan kode akses, siswa masuk kembali ke laman KIP Kuliah
  7. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di laman KIP Kuliah dengan memilih jalur seleksi yang dikehendaki (SNBP/SNBT/Mandiri)
  8. Calon penerima yang dinyatakan diterima di perguruan tinggi dapat melakukan verifikasi kepada perguruan tinggi sebelum diusulkan ke Puslapdik sebagai penerima KIP Kuliah

Nah, itulah tiga nomor yang wajib dimiliki dan diketahui siswa agar bisa daftar KIP Kuliah 2024. Yuk segera persiapkan syarat-syarat pendaftaran KIP Kuliah 2024!

No comments:

Post a Comment