Friday, November 16, 2012

Kulit Mangga Bisa Menurunkan Berat Badan?

Jangan langsung membuang kulit mangga seusai kita mengupasnya sebab mangga tak hanya nikmat dikonsumsi, kulit mangga ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. apa saja khasiat dari kulit mangga? berikut adalah khasiat yang dihasilkan dari kulit mangga:



1. Menurunkan Berat Badan

 Jika Anda sedang berencana menurunkan berat badan, cobalah untuk mengonsumsi buah mangga, tapi jangan lupa juga untuk memakan kulitnya. Sebuah riset teranyar mengklaim, makan kulit mangga dapat melindungi seseorang terhadap obesitas.

Dalam temuannya, peneliti Australia menemukan bahwa kulit dari dua varietas mangga yang umum dijumpai yaitu mangga "Irwin" dan mangga "Nam Dok Mai", mengandung konsentrasi tinggi bioaktif yang mampu menghambat perkembangan sel-sel lemak manusia.



"Kita tahu mangga memiliki banyak sifat gizi sangat baik, tetapi butuh lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memahami senyawa alami yang kompleks yang ditemukan dalam mangga dan buah-buahan lainnya," kata peneliti, professor Mike Gidley dari Queensland Alliance.

Gidley mengatakan bahwa temuan ini bukanlah sesuatu yang aneh, karena kulit luar buah memang memiliki komposisi kimia yang sangat berbeda dengan daging buah.

"Analisis kimia lebih rinci dari kulit dan daging sangat berharga bagi petani mangga dan prosesor, yang selalu mencari cara baru untuk menambahkan daftar manfaat lain dari buah mangga," tambahnya.

Dalam kajiannya, peneliti menganalisis komponen kimia buah dengan mengambil ekstrak metanol dari kulit dan daging, dari tiga jenis buah mangga, seperti Irwin, Nam Dok Mai dan Kensington Pride.

Hasil analisa diketahui bahwa ekstrak kulit mangga jenis Kensington Pride dapat mempromosikan adipogenesis atau menyimpan sel-sel lemak, ketimbang dua jenis mangga lainnya. Sedangkan jenis buah mangga Irwin dan Nam Dok Mai secara signifikan justru mampu menghambat adipogenesis (proses awal sel lemak berubah menjadi sel lemak matang).

Namun kesamaannya, ekstrak daging mangga dari ketiga jenis mangga tersebut sama-sama tidak mampu menghambat penyimpanan lemak.

Profesor Greg Monteith dari University of Queensland School of Pharmacy mengatakan, ada banyak alasan mengapa kulit mangga memiliki kemampuan untuk mengikis lemak, sedangkan daging buahnya tidak.

"Sebuah interaksi yang kompleks dari senyawa bioaktif yang unik pada ekstrak kulit mangga mungkin bertanggung jawab atas hal ini, bukan karena komponen tunggal didalamnya," kata Monteith.



Temuan ini dipublikasikan dalam journal Food & Function. Peneliti berpendapat, temuan mereka dapat membantu produsen mengembangkan varietas buah mangga yang secara aktif membantu mengurangi obesitas.

"Obesitas dikaitkan dengan banyak kondisi penyakit kronis seperti diabetes mellitus, penyakit koroner dan kanker tertentu seperti payudara dan usus besar. Ada semakin banyak bukti yang mengaitkan peran senyawa phytochemical dalam penghambatan adipogenesis dan perlindungan terhadap obesitas," jelas peneliti.

"Hasil ini menunjukkan bahwa perbedaan dalam komposisi fitokimia antara kultivar mangga dapat mempengaruhi efektivitas mereka dalam menghambat adipogenesis dan beralih membidik kulit buah mangga sebagai sumber potensi Nutraceuticals (makanan yang memberikan manfaat kesehatan)," peneliti menyimpulkan.

2. Membantu Peremajaan Kulit

Bukan hanya daging buahnya yang bisa dinikmati, kulit buah mangga juga bisa dimanfaatkan sebagai pengelupasan kulit dan peremajaan, karena kandungan AHA (Alpha Hydroxyl Acids). Jadikan mangga sebagai sebagai cemilan wajib. Buah satu ini bukan hanya menciptakan kesegaran dan memiliki rasa yang nikmat, tetapi juga kaya vitamin, mineral, serta antioksidan, yang sangat baik untuk kulit.

3. Menghilangkan Jerawat

“Mangga kaya akan beta karoten (vitamin A), yang merupakan sumber antioksidan. Bukan hanya berfungsi sebagai peremajaan kulit, kandungan beta karoten juga memiliki efek mengatasi jerawat,” kata dr Apratim Goel, ahli kulit asal India, seperti diberitakan dari Times of India.
Beta karoten merupakan nutrisi penting bagi kulit. Zat tersebut dikonversi oleh tubuh menjadi vitamin A dan bisa jadi obat untuk mengatasi jerawat. Caranya dengan mengaplikasikan buah kaya beta karoten langsung pada kulit berjerawat. Memenuhi asupan vitamin A adalah kunci kulit cerah dan sehat. Itu karena kekurangan vitamin A bisa membuat kulit terlihat kusam, kering, pori-pori terbuka, jerawat serta kulit pecah di bagian tangan, tumit dan lutut.

Jadi, dengan mengonsumsi mangga secara teratur bisa membuat kulit kalian lebih cerah dan bersinar. "Mangga sangat efektif mengatasi tersumbatnya pori-pori kulit. Kandungan antioksidannya tinggi, sementara level karbohidratnya rendah," kata dr Goel.
“Gosokkan secara lembut kulit mangga pada wajah selama beberapa menit. Karena dapat membuat kulit tetap halus dan awet muda. Kandungan AHAnya bisa merangsang
pergantian sel lebih cepat,” kata dr Goel.

4. Memperlancar Peredaran Darah

Begitu juga jika kebetulan kalian yang sedang datang bulan, maka tepat sekali membeli mangga, kulitnya jangan dibuang, karena berkhasiat sekali. Kulit mangga yang digoreng merupakan obat yang mujarab untuk pendarahan yang berlebihan selama haid. Ambillah kulit mangga yang masih hijau warnanya, goreng dalam minyak yang sudah panas. Setelah masak, makanlah, ulangi sampai pendarahan itu berkurang.

5. Kulit Mangga Sebagai Obat Cacing Untuk Anak 

Daya antihelmintik pada kulit mangga membantu mencegah penyakit cacing untuk anak-anak, Antihelmintik juga sangat ampuh untuk membunuh kuman dan bakteri dalam perut.



Caranya: Rebus kulit mangga selama 15 menit maka zat antihelmintik di kulit mangga akan keluar. Ambil air rebusan kulit mangga dan taruh ke gelas untuk diminum. Rebusan kulit mangga ini sangat ampuh membunuh bakteri jahat di dalam perut.

Sumber : suaramerdeka.com / detik.com / kompas.com

No comments:

Post a Comment