Monday, August 27, 2018

Pujian Terus Mengalir Kepada Indonesia Sebagai Tuan Rumah Asian Games 2018

Kendati gelaran Asian Games 2018 belum berakhir tuan rumah Indonesia terus menuai pujian dari banyak pihak, mulai dari proses pembukaan sampai pada hari ini. berikut beberapa pujian yang berhasil Mas Oim rangkum:

1. Jepang Puji Persiapan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Asian Games 2018

Pujian ini disampaikan langsung oleh Yasuhiro Yamashita, selaku perwakilan Chef de Mission (CdM) kontingen Jepang yang menahkodai para atlet negeri Sakura tersebut selama perhelatan Asian Games 2018.

Selama empat hari berada di Indonesia, Yasuhiro Yamashita mengaku sudah memantau setiap fasilitas mulai dari Wisma Atlet di Kemayoran hingga venue-venue yang akan dijadikan tempat pertandingan para atlet Asian Games 2018.

Selama empat hari ini, saya sudah merasakan kenyamanan berada di Indonesia. Para volunteer juga ramah-ramah, mereka memberikan salam kepada kami dengan bahasa Jepang. Selain itu makanan di wisma atlet juga enak-enak. Saya cukup kagum sekali. Saya rasa ini bisa dijadikan contoh buat kami yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade,” kata Yasuhiro Yamashita kepada para awak media di Main Press Centre (MPC) Asian Games 2018 di Jakarta, Sabtu (18/8/2018). dikutip dari laman pos kota.

2. Delegasi Taiwan Puji Persiapan Indonesia sebagai Tuan Rumah Asian Games 2018

Delegasi NOC Taiwan yang diwakili Chao Kuo Chang melakukan kunjungan pada tanggal 15-20 April ke sejumlah tempat penyelenggaraan ajang Asian Games 2018. Dari rangkaian kunjungan tersebut, Chao Kuo Chang menyampaikan kepuasannya terkait sambutan tuan rumah Indonesia, serta kesiapan venue Asian Games 2018. 

"Kami mendapat sambutan hangat, baik saat di Jakarta atau di Palembang. Kami melihat kedua kota sudah bekerja keras dalam menyiapkan Asian Games," kata Chao Kuo Chang.

"Kami memuji perkampungan atlet (Wisma Atlet Kemayoran) yang sangat bagus. Meski ada beberapa informasi lebih detail yang masih kami perlukan, tetapi secara keseluruhan kami puas dan sudah mencatat beberapa hal yang harus kami siapkan," tutur dia.

Secara keseluruhan, kunjungan tersebut diikuti oleh 39 anggota delegasi NOC. Di Jakarta, mereka meninjau kompleks Gelora Bung Karno (GBK), lokasi Main Press Center (MPC) dan International Broadcasting Center (IBC) di Jakarta Convention Center, Wisma Atlet Kemayoran, venue equestrian di Pulomas, dan arena velodrome di Rawamangun. Adapun di Palembang, rombongan berkunjung ke Jakabaring Sport City. Di sana, mereka juga sempat menjajal langsung venue cabang olahraga boling.

3. Netizen Puji Pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta

Seremoni pembukaan Asian Games yang di awali dengan video perjalanan pak Presiden menuju stadium GBK dan dilanjutkan dengan penampilan tari saman yang memukau dan ketika para kontingen dari masing-masing negara berjalan menyapa para penonton.  Netizen di media sosial pun memuji acara pembukaan ini. Mereka mengatakan Indonesia sebagai tuan rumah sukses menyajikan pembukaan Asian Games yang keren.


Di Twitter misalnya, hashtag atau tagar #OpeningCeremonyAsianGames2018 menjadi trending topic bukan hanya di Indonesia tapi juga dunia.
 
4.  Makanan Untuk Atlet di Asian Games Banjir Pujian, Kontingen India: Semuanya Enak!

Chef de Mission kontingen negara India, Brij Bhushan Sharan Singh, para atlet dan ofisial merasa cocok dengan makanan yang disajikan.  Menurut Singh, para atlet asuhannya gembira sekali karena rasa menu yang disajikan sangat mirip dengan yang ada di negara asal mereka.
 "Para atlet kami senang sekali. Mereka senang karena makanan yang mereka santap rasanya sama dengan di India," demikian kata Singh dikutip dari India Today. "Nyaris tidak ada keluhan. Satupun tidak ada yang mengeluh. Makanannya enak. Ada Dal, masakan Indian Selatan, paneer, dan juga ayam," lanjut Singh menyebut beberapa makanan asli India yang menggoyang lidah para atletnya.

5. Puji Makanan, Official Atlit yang 'no-alcohol'

Pesona kuliner Nusantara membius para atlit dan official yang bertanding di pesta olahraga Asian Games 2018. Pelatih tim nasional sofbol Filipina Venerando Dizer, misalnya mengaku jatuh cinta dengan kuliner Indonesia utamanya nasi goreng. "Kami suka pedas, nasi goreng adalah masakan yang istimewa, terima kasih Indonesia," kata Venerando Dizer kepada Antara di Stadion Sofbol Senayan, Jakarta, Selasa (21/8). Selain nasi goreng, Venerando mengaku memiliki makanan favorit kedua di Jakarta, Indonesia, yaitu adalah nasi padang. Menurutnya nasi padang merupakan masakan yang lezat. Tapi jika disuruh memilih, dia tetap jatuh hati pada nasi goreng. Selain itu, Venerando mengaku senang atas keramahan dan sambutan dari masyarakat Indonesia, menurutnya ia belum pernah mendapat perlakuan seperti ini, baik saat even pertandingan resmi seperti Asian Games 2018 saat ini, maupun ketika waktu bersantai di luar pertandingan. "Lapangan yang sangat baik, bus penjemputan yang nyaman dan dipersiapkan dengan baik, saya kira Indonesia benar-benar sudah bekerja keras untuk ini," kata Venerando sembari tertawa.

Para atlet pesta olahraga Asian Games 2018 di Palembang juga memuji keragaman makanan yang disediakan panitia. Furusho Daijiro, kapten dan pelatih tim tenis putri Jepang mengaku sangat senang melihat bagaimana makanan disajikan. "Kombinasi dari makanan Indonesia dan dunia," kata Daijiro.
Seorang atlet India yang diwawancarai kantor berita terbesar di India, PTI (Press Trust of India ) juga mengungkapkan pujian yang sama. Mereka tidak mengeluh dengan sajian makanan khas India.

wah bangga banget kan guys, belum selesai pergelaran sudah banyak pujian mengalir. Kita berharap Indonesia bisa sukses menjadi tuan Rumah Asian Games dan Atlit Nasional bisa banyak meraih mendali. kaeran Kerja Kita adalah Prestasi Bangsa

No comments:

Post a Comment