Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Thursday, July 4, 2019

Riwayat Adzan

0 comments

Selamat Soree, para Sobat Lifestyle, Passion and Habit  semoga segala kebaikan dan keberkahan menaungi setiap langkah qta dalam perjalanan hidup ini.nah kali ini saya akan mempost tulisan mbak Ria. yang saya ambil dari FB my lovely wife. cekidot

 
Riwayat Adzan
Riwayat Adzan
 _Allahu Akbar, Allahu Akbar! Asyhadu allaa ilaaha illallah! Asyhadu allaa ilaaha illallah! Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah! Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah! Hayya 'alashshalah! Hayya 'alashshalah! Hayya 'alal falah! Hayya 'alal falah! Allahu Akbar, Allahu Akbar! Laa ilaaha illallah!_

Siapakah pertama yang mengumandangkan, dan siapa yang mengajarkannya?

Jawaban adalah *Bilal bin Rabah yang mengumandangkan dan Abdullah bin Zaid yang mengajarakannya*

Pada suatu malam, Abdullah bin zaid bermimpi bertemu seorang laki-laki membawa genta. Dan beliau mengajarkan padanya seruan yang baik utk memanggil sholat, yang saat ini kita kenal dengan adzan dan iqamat.

Pagi harinya, Abdullah bin Zaid menceriatakan mimpinya pada Rasulullah, dan Rasulullah bersabda, "Itu mimpi yang benar. Insyaallah."

Kemudian Rasulullah menyuruh Abdullah bin Zaid utk menemui Bilal bin Rabah untuk mengajarkan bacaan adzan dan iqamat itu.

Mendengar seruan adzan tersebut, Umar bin Khattab pun segera menemui Rasulullah, dan berkata beliau pun bermimpi didatangi seorang laki-laki yang berseru sama dengan bacaan yang dibacakan bilal.

Rasulullahpun bersabda, "Segala puji bagi Allah, demikian itulah yang lebih tetap."

-Ria Mayasari-

jadi taukan para Sobat Lifestyle, Passion and Habit riwayat azan

No comments:

Post a Comment