Wednesday, September 11, 2019

Hal-hal Yang Harus Dilakukan Ketika Asap Karhutla Merajalela

Hal-hal Yang Harus Dilakukan Ketika Asap Karhutla Merajalela
Oke, Akhirnya qta yang berada di Sumatera Kuhususnya Provinsi Riau, dan wabil khusus lagi wilayah Pekanbaru, beberapa hari ini qta mengalami dejavu masa-masa kelam di tahun 2015, itu sepertinya tahun terakhir qta merasakan hidup bak dewa-dewi di perfilman china yang hidup diatas awan, dan sekarang qta merasakan kembali. Beberapa info yang berhasil dihimpun sudah banyak korban yang berjatuhan bahkan sudah ada korban jiwa.

Untuk kondisi Pekanbaru sendiri memang tidak separah daerah lainya yang masih di provinsi Riau seperti Duri, Dumai dan Pelalawan. Nah melihat kondisi ini BiruLangit punya beberapa tips dan hal-hal yang perlu dilakukan untuk meminimalisir dampak kabut asap karhutla ini, ok cekidot ya sobat.

1. Lakukan pencegahan dengan bila terpaksa keluar rumah terutama kelompok bumil, bayi, balita, dan lansia bila ISPu antara 100 sampai 200 Psi.

2. Hindari ke daerah yang lagi mengalami kebakaran, karena akan terhirup udara dengan kadar CO2 diatas ambang yang dipersyaratkan untuk manusia, gas CO dan partikel debu.

3. Lindungi tubuh dengan menggunakan masker, baju lengan panjang dan penutup kepala, masuk ke ruang tertutup atau ada AC, dan gunakan filter udara.

4. Makan buah, sayur, dan bergizi.

5. Cuci bagian tubuh segera setelah berkontak dengan udara berasap dan berdebu.

6. Tutup sumber air minum, cuci agar tidak terpapar partikel debu yang jatuh ke air.

7. Dan banyak2 minum air putih

8. Mengurangi kegiatan di luar ruangan

9. Tetap berolahraga agar tubuh tetap bugar

10. Banyak mengkonsumsi madu

11. Banya berdoa khususnya mendoakan para pihak yang terlibat menjadi creator asap karhutla ini segera diberi azab.

No comments:

Post a Comment