MENGAPA SETELAH MAKAN DAN MINUM MANIS, KITA MERASA HAUS? - Lifestyle, Passion and Habit

Latest

Menampilkan Lifestle Passion and Habit Penulis

Friday, November 29, 2019

MENGAPA SETELAH MAKAN DAN MINUM MANIS, KITA MERASA HAUS?

MENGAPA SETELAH MAKAN DAN MINUM MANIS, KITA MERASA HAUS?
MENGAPA SETELAH MAKAN DAN MINUM MANIS, KITA MERASA HAUS?



Sobat birulangitid pasti pernahkan merasa sangat kehausan, apalagi kalau kepanasan pasti cepet hausnya. Ada kondisi lain dimana kita akan merasa cepat haus yaitu ketika setelah makan dan minum yang di sebut Post-dessert thirst merupakan kondisi merasa haus setelah mengonsumsi makanan atau minuman manis.

Berbagai macam hidangan manis, misalnya kue cokelat, es krim, bubble tea, dan cokelat. Menurut Dr. Caroline Apovian, seorang profesor dari Departemen Endokrinologi, Diabetes, dan Gizi di Boston University School of Medicine di Amerika Serikat, rasa haus tersebut disebabkan oleh meningkatnya kadar gula darah di dalam tubuh.

Partikel gula dalam darah akan menyerap air dari sel tubuh dan masuk ke dalam darah.

Sesaat setelah sel-sel tubuh kehilangan kandungan air, sel-sel tersebut akan mengirimkan sinyal kepada otak yang berisi informasi bahwa mereka membutuhkan lebih banyak air untuk mencairkan gula dalam darah.

Hasilnya, kita akan merasakan haus deh. Untuk itu, untuk melegakannya kita akan minum lebih banyak air.

Rangkaian kejadian ini berlangsung dalam waktu yang singkat. Karena itulah kita dapat merasakan haus setelah lima hingga sepuluh menit setelah mengonsumsi makanan atau minuman manis. Jika merasa haus, minumlah dengan air putih saja, jangan malah menambah pasokan gula dengan mengonsumsi minuman yang manis pula. Okay?

#Justscience
#82
#Aksicintasains

No comments:

Post a Comment