Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Friday, December 13, 2019

Keturunan Keraton Yogyakarta Ini Orang Indonesia Pertama Yang Jadi PNS Dengan NIP 01

0 comments
Keturunan Keraton Yogyakarta Ini Orang Indonesia Pertama Yang Jadi PNS Dengan NIP 01
Akun Twitter Humas Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Isimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (29/11/2019), membagikan foto kartu pegawai PNS milik Sri Sultan Hamengkubuwono IX .



Hiruk pikuk proses seleksi untuk menjadi CPNS masih sangat menghebohkan sampai saat ini. Nah sobat birulangitid harus tau ni, siapa ya kira-kira orang pertama yang menjadi PNS dan kapan mulai jadi PNSnya, Nah berikut birulangitid punya infonya cekidot.



Dikutip dari islamidia.com Sosok orang Indonesia pertama yang menjadi Pegawai negeri Sipil (PNS) berhasil mencuri perhatian ditengah heboh rekrutman CPNS saat ini. Orang pertama yang menjadi PNS ini bahkan memiliki Nomor Induk pegawat atau NIP dengan angka terakhir 01.



Sosok ASN atau PNS pertama Indonesia ini juga merupakan keturunan Keraton Yogyakarta. Ternyata raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan pahlawan nasional Sri Sultan Hamengkubuwono IX adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) pertama di Indonesia.



Dikutip dari Akun Twitter Humas Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Isimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (29/11/2019), membagikan foto kartu pegawai PNS milik Sri Sultan Hamengkubuwono IX .

Keturunan Keraton Yogyakarta Ini Orang Indonesia Pertama Yang Jadi PNS Dengan NIP 01
Kartu pegawai PNS milik Sri Sultan Hamengkubuwono IX .


Dalam foto unggahan tersebut tertulis Nomor Induk Pegawai (NIP) yang dimiliki oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX adalah 010000001 dan tahun menjadi pegawai pada tahun 1940. Kartu tersebut disahkan oleh Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara, A.E Manihuruk pada 1 November 1974.



Dikutip dari halaman Kratonjogja.id, Sri Sultan Hamengkubuwono IX memiliki peran penting dalam sejarah perjuangan berdirinya Indonesia. Beliau pernah menjadi Menteri Negara dari era Kabinet Syahrir (2 Oktober 1946 – 27 Juni 1947) hingga Kabinet Hatta I (29 Januari 1948 s/d 4 Agustus 1949).



Pada kabinet Hatta II (4 Agustus 1949 s/d 20 Desember 1949) hingga masa RIS (20 Desember 1949 s.d. 6 September 1950) beliau menjabat Menteri Pertahanan.



Sri Sultan Hamengkubuwono IX juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri di era Kabinet Natsir (6 September 1950 s.d. 27 April 1951).



Hingga pada masa Orde Baru yang dipimpin oleh Soeharto, beliau mengemban jabatan sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia tahun 1973 hingga 23 Maret 1978, beliau memutuskan untuk mengundurkan diri.



Tak hanya berkarir di bidang politik, Sri Sultan Hamengkubuwono IX juga menjadi Bapak Pramuka Insonesia. Beliau bahkan mendapat medali Bronze Wolf dari organisasi resmi World Scout Committee (WSC), atas kiprahnya pada dunia kepanduan dunia.



2 Oktober 1988, saat sedang berkunjung ke Amerika Serikat, baliau menghembuskan napas terakhir di George Washington University Medical Center, dan selanjutnya dimakamkan di Kompleks Pemakaman Raja-raja Imogiri, Bantul.



Berkat jasa-jasa beliau, Sri Sultan Hamengkubuwono IX mendapatkan gelar Pahlawan Nasional berdasarkan SK Presiden Repulik Indonesia Nomor 053/TK/Tahun 1990, pada 30 Juli 1990.

Sumber: islamidia.com


No comments:

Post a Comment