Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi - Kanal Informasi dan Inspirasi Pendidikan Terkini

Latest

Menampilkan Informasi dan Inspirasi Seputar Pendidikan Serta Kekinian

Thursday, December 12, 2019

Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi

Selamat malam ya sobat birulangitid, semoga aktivitas kita hari ini menuai keberkahan dan banyak keberhasilan serta terus mengukir prestasi. Buat sobat yang sudah duduk di kelas XII SMA sederajat, pastinya saat-saat ini jadi waktu yang penting banget buat sobat sekalian, apalagi yang mau lanjut pendidikan ke Pergruan Tinggi.

Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi
Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi
Pasti banyak di antara sobat sekalian  yang masih galau, gundah gulana, bingung tak tentu arah mau ambil jurusan apa diperguruan tinggi nantinya. Nah birulangitid akan berbagi tips ni, eh tepatnya akan menjabarkan tips memilih jurusan yang direlease oleh ditjen belmawa. Ayo biar galaunya hilang dibaca tipsnya dan dan di aplikasikan ya. Berikut tips memilih jurusan untuk pendidikan diperguruan tinggi, Cekidot.

Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi
Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi

1.  Sesuaikan Dengan Minat dan Hobi Jurusan yang Akan Dipilih.

Tips pertama ini sebernanya lebih ke pada sugesti kenyamanan dan kesenangan, kalau sobat memilih kuliah di jurusan yang sesuai dengan minat dan hobi akan membuat sobat lebih enjoy dalam menjalani perkuliahan.

Salah satu sebab kegagalan mahasiswa dalam perkuliahan adalah tidak enjoy atau tidak menikmati jalanya perkuliahan ya bisa jadi karena tidak sesuai dengan minat dan hobi sehingga perkuliahan jadi beban dan tidak menyenangkan. Mumpung masih belum memilih jurusan maka tips pertama ini harus jadi pertimbangan matang-matang agar tidak salah memilih jurusan yang kalau salah pilih penyesalannya bisa seumur hidup lo... hehe...

2. Lihat Peluang Karir Dimasa Depan

Setelah jurusan yang kita ambil harus sesuai dengan minat dan hobi kita, yang tidak kalah penting adalah bagaimana peluang karir jurusan kita di 4 tahun mendatang. Jika kita tidak perhatikan ini bisa-bisa nanti lulus kuliah jadi sarjana pengangguran hehe.

Melihat peluang karir dalam pemilihan jurusan sangat penting sekali, karena kan g enak jika sudah jadi sarjana, eh ijazah g kepake karena tidak ada formasi buat jurusan tersebut.

Jadikan rugi masuk kuliah mudah dan lulus kuliah juga mudah tapi nyatanya g jadi apa-apa.

Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi
Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi

3. Bertanya Kepada Mahasiswa yang Berpengalaman

Biar g salah pilih jurusan sobat juga bisa bertanya kepada mahasiswa yang berpengalaman, sehingga kita tau suasana, kondisi dan iklim pada jurusan yang akan kita ambil sehingga lebih menguatkan dan meyakinkan kita untuk memilih jurusan.

4. Biaya Kuliah

Faktor ini juga harus diperhatikan, karena banyak orang yang sudah terlanjur mengambil jurusan tertentu akhirnya tidak melanjutkan perkuliahannya karena terbentur biaya. Apalagi buat yang tidak dapat beasiswa dan jurusan yang diambil adalah jurusan mahal sehingga wali kita tidak bisa membayar biaya kuliah.

Maka sebelum memilih jurusan lihat-lihat juga berapa biayanya, kalau g dapat scholarship kira-kira wali kita sanggup bayar atau tidak, atau mungkin kita siap g kalau kuliah sambil kerja buat ngumpulin biaya kuliah.

Oh ya ada tambahan juga dalam memilih jurusan juga harus di perhatikan apakah jurusan tersebut termasuk jurusan yang banyak memberi peluang untuk bisa apply beasiswa. Mengapa demikian karena ada beberapa beasiswa besar yang untuk bisa dapat beasiswa tersebut sobat harus berasal dari jurusan tertentu.

5. Siapkan Pilihan Jurusan Alternatif

Dalam proses masuk perguruan tinggi biasanya sobat di perkenankan untuk memilih  beberapa jurusan. Nah kesempatan ini harus digunakan dengan maksimal dengan tetap mengikuti tips memilih jurusan diatas.

Nah itulah 5 tips dalam memilih jurusan dalam melanjutkan studi ke jenjang Perguruan Tinggi. Jangan sampai salah pilih jurusan ya sobat karena nyesalnya bisa seumur hidup hehe....

No comments:

Post a Comment