Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Tuesday, December 3, 2019

Tatacara Dan Ketentuan-KetentuanPendaftaran SNMPTN Tahun 2020

0 comments
Buat sobat birulangitid yang pengen lanjut kuliah menggunakan jalur SNMPTN harus tau ni tatacara dan ketentuan-ketentuannya. Secara umum Hal penting untuk diketahui calon peserta SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020 yaitu diterapkannya kebijakan Single Sign On (SSO) yang merupakan tahap awal dari pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020. Single Sign On (SSO) merupakan kebijakan baru serta tahap awal pendaftaran bagi kalian calon peserta SNMPTN,UTBK dan SBMPTN 2020, setiap calon peserta wajib memiliki akun LTMPT.
Tatacara Pendaftaran SNMPTN Tahun 2020
Tatacara Pendaftaran SNMPTN Tahun 2020
Peserta yang ikut seleksi melalui jalur SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020 wajib memiliki akun LTMPT dengan melakukan registrasi akun melalui laman https://portal.ltmp t.ac.id. Registrasi akun ini merupakan tahapan paling pertama dalam proses pendaftaran untuk PMB baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN. Registrasi untuk memiliki akun LTMPT dibagi menjadi dua jadwal, yaitu pertama saat mengikuti jalur SNMPTN untuk PDSS dilaksanakan tanggal 2 Desember 2019 sampai 7 Januari 2020. Kedua jalur SBMPTN untuk UTBK dilaksanakan tanggal 7 Februari – 5 April 2020.
 
Tatacara Pendaftaran SNMPTN Tahun 2020
Tatacara Pendaftaran SNMPTN Tahun 2020


Tatacara Pendaftaran SNMPTN Tahun 2020
Tatacara Pendaftaran SNMPTN Tahun 2020

Cara mendaftar SNMPTN yaitu 

1. Mendaftar melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan email dan password login untuk melakukan pendaftaran. 
2. Mengunggah pas foto berwarna terbaru, mengisi data, pilihan PTN, dan pilihan program studi. 
3. Pendaftar program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah. 
4. Mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai bukti peserta SNMPTN. 
5. Siswa pendaftar tidak dipungut biaya apa pun, biaya penyelengara SNMPTN sepenuhnya ditanggung pemerintah.

Jadwal pelaksanaan SNMPTN

1. Registrasi Akun LTMPT dimulai 2 Desember 2019 sampai 7 Januari 2020. 
2. Pengisian Data PDSS mulai  13 Januari sampai 6 Februari 2020. 
3. Pendaftaran SNMPTN mulai  11 sampai 25 Februari 2020.
4. Pengumuman Hasil SNMPTN mulai  4 April 2020.

Ketentuan Umum dan Persyaratan 

1. Pelaksanaan SNMPTN dilakukan berdasarkan nilai akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. 

2. Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun, atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.

3. Untuk jalur penerimaan SNMPTN, sekolah peserta yang akan mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisi data prestasi siswa di PDSS. 

4. Siswa yang dinyatakan berhak mengikuti seleksi, adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NSIN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik.

Berdasarkan kelengkapan data nilai siswa yang diisikan oleh sekolah, maka ditetapkan jumlah siswa yang dapat mendaftar melalui jalur SNMPTN 2020 dengan ketentuan sebanyak 40 persen sekolah yang terkreditasi A, akreditasi B 25 persen, dan akreditasi C dan lainnya 5 persen.

Peserta SNMPTN dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN dengan urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan, sedangkan siswa SMK hanya dizinkan memilih program studi relevan sesuai ketentuan PTN. Untuk informasi daftar program studi dan daya tamping SNMPTN tahun 2020 dapat dilihat pada laman https://ltmpt.ac.id selama periode pendartaran.

Demikian  Tatacara Pendaftaran SNMPTN Tahun 2020 semoga bermanfaat dan sampai jumpa di Universitas Riau bagi yang mau lanjut ke Universitas Riau.

No comments:

Post a Comment