Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Tuesday, January 7, 2020

Deteksi Boraks Dan Formalin Dengan Menggunakan Ekstrak Bunga Ruellia

0 comments

  
Buat sobat birulangitid dirumah kayaknya bolehlah sekali-kali mencoba mencek jajanan anak-anaknya aman dikonsumsi apa tidak?, mengandung boraks dan formalin apa tidak?. Ada cara mudah buat ngetesnya lho sobat, apalagi kalau ditaman sobat ada bunga Ruellia. Penasaran lets cekidot.
 
https://www.birulangit.id/
Bunga Ruellia
Dikutip dari kumparan.com Staf dan peneliti di Departemen Kimia Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia berhasil menemukan cara deteksi mudah boraks dan formalin menggunakan indikator ekstrak herbal, yaitu bunga Ruellia (Ruellia tuberosa). Bunga Ruellia ini berwarna ungu berbentuk terompet ini banyak ditemukan di pinggir jalan dan juga sangat mudah tumbuh dimana-mana.

Tanaman bunga yang berasal dari Meksiko, Karibia dan Amerika Selatan ini memiliki kandungan pigmen antosianin. Zat antosianin ini yang memberikan warna ungu pada bunga Ruellia. Prinsip utama dalam penemuan ini adalah memanfaatkan zat antosianin yang sensitif terhadap derajat keasaman (pH) lingkungan yang ditandai dengan perubahan warna. Pada dasarnya antosianin yang terdapat pada bunga Ruellia memiliki penanda warna: merah untuk pH 1-3, coklat-kemerahan untuk pH 5-6, coklat-kehijauan untuk pH 7-8, hijau untuk pH 9-11 dan kuning untuk pH 13-14.

Pada prosedur pemeriksaan di laboratorium kimia, formalin dapat dideteksi dengan menggunakan uji Fuchsin, Tollens dan Fehling. Sedangkan untuk deteksi boraks melalui uji nyala dengan asam sulfat. Namun pemeriksaan ini memerlukan bahan kimia dan peralatan standar laboratorium. Hal ini tentunya akan sangat menyulitkan bagi masyarakat untuk menguji apakah ada kandungan boraks dan formalin dalam makanannya.

Cara deteksinya sangat mudah, hanya dengan menggunakan peralatan sederhana di rumah. Cukup siapkan ulekan, pipet tetes, wadah berongga kecil seperti tempat cat air (palet), sampel makanan, air putih dan beberapa helai bunga Ruellia.
 
https://www.birulangit.id/
Deteksi Boraks Dan Formalin Dengan Menggunakan Ekstrak Bunga Ruellia
Sampel makanan dihancurkan sampai halus dan ditambahkan sedikit air. Setiap sampel makanan ditaruh di rongga palet yang berbeda-beda. Bisa diberikan label nama untuk menandai makanan apa saja yang diujikan untuk memudahkan identifikasi makanan. Lakukan hal yang sama pada bunga Ruellia, dihaluskan dan diberikan sedikit air.

Setelah semua siap, ambil beberapa tetes cairan ekstrak bunga Ruellia dan kemudian teteskan pada masing-masing sampel makanan. Amati perubahan warna pada sampel makanan. Apabila makanan positif mengandung boraks maka warnanya akan berubah menjadi hijau karena pH boraks sekitar 9-11. Apabila makanan positif mengandung formalin, maka warnanya akan berubah menjadi coklat-kemerahan karena pH formalin sekitar 5-6.
 
https://www.birulangit.id/
Deteksi Boraks Dan Formalin Dengan Menggunakan Ekstrak Bunga Ruellia
Lalu bagaimana dengan makanan yang tidak mengandung keduanya? Makanan yang bebas formalin dan boraks akan berwarna ungu atau tidak mengalami perubahan warna seperti aslinya warna ekstrak yang ditambahkan ke makanan pada awalnya. Perubahan warna yang terjadi sangat singkat hanya beberapa menit saja sudah bisa terlihat hasilnya. Mudah bukan pengecekannya, yok dicoba dirumah.

No comments:

Post a Comment