Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Saturday, July 18, 2020

Riau Gagal Masuk 5 Daerah Terbaik Penanganan Covid -19, Ini Sebabnya!

0 comments
https://www.birulangit.id/?m=1


Birulangitid-Seharusnya Provinsi Riau Masuk dalam 5 provinsi terbaik penanganan Covid-19 yang diumumkan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor beberapa waktu lalu. Pasalnya Riau sebelumnya merupakan provinsi tertinggi dan terbaik tingkat kesembuhan di Indonesia. Tambah lagi angka kematian di Riau termasuk kecil sesuai penilaian sebelumnya.

Namun, hanya gara-gara belum memenuhi target swab, Provinsi Riau harus mengalah dan kembali diminta untuk melakukan evaluasi pencapaian target terkait swab.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yunani Nazir pada kompresi pers penyebaran Covid-19 beberapa waktu lalu. Mengatakan jika saat ini Riau sudah melakukan evaluasi lagi untuk pencapaian target swab ini. Meskipun secara indikator lain Riau sudah bagus dalam penanganan.

Kata Mimi, Gubernur Riau yang juga selaku Ketua Gugus Tugas Riau, juga sudah menyampaikan hal tersebut kepada tim gugus tugas maupun dinas kesehatan. Untuk itu ia kembali menghimbau kepada teman-teman dinas kesehatan kabupaten kota untuk bisa meningkatkan pemeriksaan swab di seluruh masyarakat yang ada di wilayah masing-masing. Sehingga capaian daripada target yang sudah ditetapkan bisa terpenuhi dengan maksimal.

Dari pusat Provinsi Riau untuk pengambilan swab ditargetkan sebanyak 3.500 persatu juta penduduk. Artinya, dengan jumlah penduduk Riau mencapai tujuh juta jiwa lebih targetkan seharusnya sebanyak 24.500 ribu orang. "Sementara kita masih di 15.568 orang jadi masih ada sekitar 10.000 orang lagi yang harus kita capai," jelasnya.

Sementara untuk memenuhi target yang sekitar 10.000 orang itu, ia akan meningkatkan kan koordinasi dan minta dukungan dari pada teman-teman di dinas kesehatan kabupaten kota. Hal ini juga sesuai sesuai dengan surat edaran Gubernur No. 179 tentang bagaimana pencapaian peningkatan di masing-masing kabupaten kota yang sebelumnya sudah diberikan target per hari.

"Jika di semua kabupaten kota memenuhi target harian sesuai yang sudah ditetapkan, maka itu kita juga bisa memenuhi target yang ditetapkan pusat," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, lima provinsi yang dinilai terbaik penanganan Covid-19 oleh Presiden RI Jokowi tersebut adalah, DI Yogyakarta, Bangka Belitung, Aceh, Sumatera Barat, dan Gorontalo. Penilaian terbaik itu tidak hanya dinilai dari kasus terendah tapi juga sesuai parameter yang dihimpun Gugus Tugas Covid-19, yaitu terkait penekanan angka kasus harian, kematian dan tingkat kesembuhan.

Jika dilihat dari tiga parameter tersebut Riau termasuk bagus, karena untuk penekanan kasus harian beberapa waktu terakhir ini justru Riau termasuk sedikit penambahan kasus dan juga tidak merata setiap hari.

Begitu juga dengan tingkat kematian dimana hingga saat ini angka kematian di Riau juga termasuk sedikit jika dibandingkan dengan kasus yang terkomfirmasi. Sedangkan untuk tingkat kesembuhan, di Riau selalu ada pasien positif yang sembuh dan dipulangkan. Dimana total pasien positif Riau juga termasuk rendah dari beberapa daerah yang dinilai terbaik.

Sumber mediacenter.riau.go.id

No comments:

Post a Comment