Menyajikan info terkini dunia pendidikan dan berita-berita menarik

Monday, January 11, 2021

Kabupaten Kota di Riau Sudah Siapkan Cold Chain untuk Penyimpanan Vaksin

0 comments


https://www.birulangit.id/

Birulangitid-Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Senin (11/1/2021), mengungkapkan, sesampainya di kabupaten kota vaksin akan ditempatkan di cool room bagi daerah yang sudah memiliki cool room.


Namun untuk daerah yang tidak memiliki cool room vaksin tetap akan disimpan di dalam cold chain atau cool box.

"Yang sudah punya cool room itu memang baru satu, yakni di Rohul, tapi untuk kabupaten kota yang lain mereka sudah punya cool chain atau cool box. Itu sama, suhunya 2-8 derajat," kata Mimi.

Mimi menegaskan, untuk penyimpanan di kabupaten kota sifatnya hanya sementara. Karena saat vaksin ini tiba di kabupaten kota, akan langsung didistribusikan ke Puskemas yang sudah ditunjuk.

"Ada 236 Puskemas yang sudah ditetapkan dan kita tunjuk sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi. Itu sudah ada SKnya dari Bupati, Walikota maupun Kepala Dinas Kesehatan di masing-masing kabupaten kota," katanya.

Sementara untuk kesiapan sarana dimasing-masing daerah di Riau saat ini sudah tersedia tempat penyimpanan vaksin.

Diantaranya rantai dingin atau cool chain sebanyak 265 cold chain, 16 kulkas dan 235 cool box. "Kemarin memang ada beberapa daerah yang cool chainya itu rusak, tapi sudah diperbaiki dan sudah bisa digunakan dan sudah berfungsi kembali sesuai ketentuan," katanya.

No comments:

Post a Comment