Melalui Patroli Udara, Danlanud Berkomitmen Bantu Satgas Deteksi Dini Karhutla



https://www.birulangit.id/

Birulangitid-Danlanud Roesmin Nurjadin (RsN) yang baru, Marsma TNI Andi Kustoro menyatakan, pihaknya berkomitmen turut berpartisipasi dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau.


Dikutip dari mediacenter.riau.go.id Sebagai contoh, Senin (9/3/2021) ini, Lanud RsN, melakukan kegiatan Harpy Flight dari "Rydder" Skadron Udara 16 Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin dalam bentuk latihan sekaligus patroli udara dilokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di udara Provinsi Riau.

Hasilnya, patroli pesawat Skadron Udara 16 ini menemukan munculnya titik api di daerah Dasan perbatasan Kabupaten Siak dan Bengkalis Provinsi Riau.

Danlanud mengatakan, keterlibatan Skadron Udara 16 Wing 6, kata Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro, sebagai upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan akan terus dilakukan.

''Kegiatan patroli ini bentuk komitmen bersama seluruh elemen yang tergabung di dalam Satgas siaga penanggulangan bencana asap akibat Karhutla di Riau,'' sebut Danlanud.

Dengan kondisi Provinsi Riau masih dilanda musim kemarau, serta adanya titik api. Pihaknya akam ikut memberdayakan fungsi pesawat tempur yang ada di Lanud Rsn untuk terus melakukan patroli udara bersamaan dengan melaksanakan latihan.

''Kegiatan ini sebagai upaya untuk mencegah terjadinya Karhutla di Riau dan juga membantu pemerintahan daerah dalam upaya bersama-sama untuk mewujudkan Riau tanpa asap dan diharapkan semua elemen dapat mendukungnya,'' sebut Andi Kustoro.

Artinya, dengan melakukan patroli udara ini. Pihaknya berharap dapat mendeteksi lebih dini, untuk melakukan pencegahan penyebaran kebakaran hutan dan lahan di Sumatera khususnya wilayah Bumi Lancang Kuning-Riau.

Terpisah, ditambahkan Danskadud 16 Mayor Pnb Andri Setyawan, hasil kegiatan selama patroli tadi. Pihaknya menemukan adanya Karhutla yang berada di daerah perbatasan Dasan, Kabupaten Siak dan Bengkalis.

Andri juga mengatakan, bahwa kegiatan patroli Karhutla di latihan profisiensi ini adalah sebagai salah satu fungsi dari Dinas Operasi Lanud Rsn sebagai Posko Udara Satgas Karhutla 2021, ''Dari hasil pantauan melalui patroli udara, langsung disampaikan oleh crew kepada posko Karhutla untuk tindakan pemadaman lebih lanjut,'' ujar Andri.