Kenapa Kita Menangis Ketika Mengiris Bawang, Padahal Tangan Tidak Keiris? - Lifestyle, Passion and Habit

Latest

Menampilkan Lifestle Passion and Habit Penulis

Friday, November 15, 2019

Kenapa Kita Menangis Ketika Mengiris Bawang, Padahal Tangan Tidak Keiris?


Sobat birulangitid kali ini kita mau bagi info unik dari sharing mingguannya Kader Surau Universita Riau. Oh iya ini tulisan ketiga yang birulangit repost loh. Sebelumnya ada Cara Mengatasi Stres dan  fakta Nyamuk nah kali ini tentang bawang, kalau kita mengiris bawang walaupun g keiris tangan ini tapi tetep nagis juga, hmm kenapa ya?. Nah lansgung saja ya Cekidot.
 
Kenapa Kita Menangis Ketika Mengiris Bawang, Padahal Tangan Tidak Keiris?
Kenapa Kita Menangis Ketika Mengiris Bawang, Padahal Tangan Tidak Keiris?
Halo Sobat KS !! Kembali lagi di #MingguSharing, pernahkah kamu memotong bawang, trus tiba-tiba mata kamu pedih dan mengeluarkan air mata gitu aja? Pernah gak kamu bertanya kenapa hal ini bisa terjadi? Hmm untuk lebih jelasnya Yuk kita bahas..😺
_
Menurut Dr Robert Rosa Jr, bawang yang tumbuh di tanah akan melepaskan gas asam amino sulfoksida untuk mencegah makhluk lain memakannya. Tak ayal, saat bawang merah dipotong, asam amino sulfoksida akan menciptakan gas yang disebut syn-propanethial-S-oxide. Gas inilah yang bisa membuat Anda menangis. "Mata Anda memiliki satu set saraf berfungsi mendeteksi sesuatu yang berpotensi membahayakan mata. Jadi, mata Anda bereaksi terhadap gas yang dilepaskan oleh bawang. Sebagai perlindungan diri, mata pun mengeluarkan air mata," jelas dr Rosa, ditulis dari She Amazing

Rosa memperingatkan, efek pelepasan gas pada bawang terhadap tiap orang berbeda. Ada orang yang lebih peka terhadap gas tersebut dibanding lainnya.Namun, bawang tidak menimbulkan ancaman terhadap penglihatan atau kesehatan mata. "Memotong bawang dapat menyebabkan iritasi dan menangis. Ini cukup aman pada mata. Sensasi pun hanya sementara dan tanpa efek jangka panjang," ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan obat tetes mata agar membuat mata terlindungi dan nyaman dari paparan gas pada bawang.

Source: @liputan6
#semangatberindonesia #menjagatuahmenjunjungmarwah

No comments:

Post a Comment